Home > Essay, Karya Ilmiah > Kondisi Media Massa Indonesia

Kondisi Media Massa Indonesia

Penduduk Indonesia ini sangat besar jumlahnya. Saking banyaknya, dunia menobatkan Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak ke-empat di dunia. Masyarakat Indonesia yang sebagian besar memiliki pemikiran kritis juga tentu memerlukan sarana untuk mengetahui perkembangan negaranya. Tidak mungkin di Indonesia ada yang tidak mengenal media massa. Media massa berada dimana-mana, dan berwujud dalam berbagai bentuk. Bisa berupa media cetak, maupun media elektronik. Baik itu surat kabar, televisi, radio, internet, dan lain sebagainya. “Media massa merupakan saluran komunikasi, yang menjangkau publik yang berjumlah besar. Media massa secara sederhana terdiri dari media cetak (surat kabar, majalah, buku, dan lain-lain), media elektronik (televisi dan radio), dan media online” (Satrio Arismunandar, 2012). Media-media tersebut sudah tersebar luas di masyarakat.  Selain menjadi sebuah hiburan, media massa merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya secara lisan (media elektronik), maupun secara tertulis (media cetak/online).

Media merupakan sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi. Masyarakat Indonesia pada umumnya sangat kritis dalam menghadapi perubahan dan perkembangan di negara mereka. Pada intinya, media dapat mengubah pola pikir masyarakat yang tidak kritis menjadi kritis.

Media selalu berubah, media selalu mengikuti perkembangan jaman. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan masyarakat, media juga akan senantiasa berubah, sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang terjadi di negara ini.

Esai ini akan menjelaskan bagaimana media dapat memberikan pengaruh bagi masyarakat, baik itu secara positif, maupun media-media nonedukatif yang sifatnya menjerumuskan pembaca dengan spekulasi-spekulasi bahkan dengan informasi palsu yang diberikannya.

Media memiliki empat fungsi, yaitu mendidik, menghibur, memberi informasi, dan melakukan kontrol sosial (Satrio Arismunandar, 2012). Media massa menghibur penyimaknya dan memberikan hiburan tersendiri untuk mereka. Selain berfungsi sebagai hiburan, lewat media ini masyarakat dapat mengetahui jalannya perkembangan di negara ini, Indonesia. Baik itu perkembangan ekonomi, sosial, politik, dan lain sebagainya, semua lengkap terbahas di koran, televisi, dan bahkan dewasa ini masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan media baru atau biasa disebut dengan internet. Bagaikan pedagang kacang goreng, media massa tersebut sudah sangat mudah untuk ditemukan di jaman modern ini.

Media juga memiliki pengaruh yang sangat signifikan di masyarakat, terutama di Indonesia. Masyarakat selalu mengikuti perkembangan negaranya melalui media massa. Media massa membuat penyimaknya menjadi lebih kritis setelah mereka menyimak isi berita media tersebut. Dalam perjalanannya, media massa juga membuat masyarakat menjadi lebih bermoral. Fungsi kontrol sosial dalam media massa berjalan disini. Bagaikan seekor anjing penjaga, sebuah media menjaga masyarakatnya agar terhindar dari berbagai penyimpangan norma dan nilai sosial.

Pada umumnya, media massa memiliki dua peran, positif dan negatif. Peran positif media dapat digunakan untuk menyebarluaskan informasi kepada khalayak dan kontrol sosial melalui artikel yang dimuat, sedangkan peran negatif yang dapat disebabkan oleh media, yaitu adanya kesempatan untuk mengaburkan fakta dan membuat kenyataan semu untuk menguntungkan diri sendiri dan merugikan pihak lain. Media massa memang memberikan manfaat positif seperti hiburan dan memberikan informasi. Namun, masyarakat juga perlu berhati-hati karena banyak orang yang menggunakan kesempatan untuk memalsukan fakta di media dan membuat pandangan khalayak penyimak media menjadi kabur akan fakta dan fiksi. Tak jarang banyak masyarakat yang terjebak dengan berita yang kenyataannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Media massa merupakan media yang disimak oleh masyarakat luas di Indonesia. Penyimaknya berasal dari berbagai kalangan. Tua, muda, dosen, mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga, bahkan anak-anak di bawah umur juga terkena pengaruh dari media massa. Bagi para pembuat berita ataupun pendapat-pendapat dalam media massa, sebaiknya mereka harus berhati-hati agar tidak menjerumuskan masyarakat luas. Para pengelola media harus bisa memberikan suguhan yang edukatif dan dapat mengontrol masyarakatnya sesuai dengan kaidah norma dan nilai yang berlaku. Berita tersebut harus memberikan informasi yang aktual dan mendidik, bukan memberikan informasi palsu kepada khalayak pembaca berita.

Berita yang mendidik pun juga perlu dipertanyakan, akhir-akhir ini banyak media massa terutama televisi menayangkan program-program yang hanya sekedar menghibur, namun tidak memberikan manfaat terhadap masyarakat luas. Seperti program infotainment yang biasa terdapat pada stasiun-stasiun televisi swasta. Infotainment yang seharusnya memuat sesuatu yang bermanfaat, malah menayangkan sesuatu yang masih bersifat prediktif dan hanya berdasarkan isu dan gosip. Seperti yang disebutkan diatas, hal ini merupakan suatu pembodohan publik. Masyarakat yang harusnya diberi fakta tentang apa yang terjadi dalam masyarakat, malah disuguhkan dengan hal-hal yang masih berbau spekulatif. Hal itu memang terkadang menghibur pemirsa, namun tidak mendidik. Sebuah acara infotainment harus memberikan sesuatu yang mendidik agar tidak terjadi kebingungan dalam masyarakat. Program-program tersebut juga harus memiliki isi, tidak hanya mementingkan hiburan saja, tapi juga bermanfaat.

Berdasarkan penjelasan diatas, penulis menganggap media di Indonesia masih kurang mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku. Beberapa media hanya mementingkan hiburan dan penyampaian informasi, tapi informasi yang diberikan masih belum jelas kebenarannya. Selain itu banyak informasi menyimpang yang kadang diberikan pada sebuah media. Saran saya, media di Indonesia harus di tinjau kembali kaidah-kaidahnya. Media memiliki pengaruh yang sangat besar, apapun yang disajikan di media massa harus dapat dipertanggungjawabkan.

Daftar Pustaka

Arismunandar, Satrio. 2012. Peran Media Massa dalam Pembentukan Karakter Bangsa. http://satrioarismunandar6.blogspot.com/2012/03/peran-media-massa-dalam-pembentukan.html. Diakses tanggal 11 September 2012.
#BridgingCourse04

Categories: Essay, Karya Ilmiah Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: